Instalasi Squier Mail di Debian 8.6 Jessie

Instalasi Squier Mail di Debian 8.6 Jessie





Assalamualaikum Wr.Wb

Kali ini saya akan membagikan Informasi tentang instalasi Squier Mail di Debian 8.6 Jessie

1.Pengertian
   Squirrelmail merupakan webmail, aplikasi client mail berbasis web. dengan menggunakan squirrelmail maka kita dapat mengakses email kita melalui browser web kita.

2.Latar Belakang
   Latar belakang saya mengistall Squier Mail ini adalah supaya client yang mengakses server saya bisa saling berkirim pesan 
3.Maksud dan Tujuan   
    Maksud dan Tujuan saya menginstall squiermail ini adlah supaya client yang mengakses server saya bisa saling berkirim pesan 

4.Alat dan Bahan 
  • Server yang telah diinstall Debian 8.6,Mail Server,DNS Server
  • 1 laptop untuk remote
5.Jangka Waktu Pengerjaan
   Kurang lebih 10 Menit

6.Tahap Pelaksanaan 
  1. Pert asupaya client yang mengakses server saya bisa saling berkirim pesan  kita remote dulu server kita dengan ssh
  2. lalu masuk sebagia superuser
  3. Selanjutnya kita install squiemail-nya dengan perintah apt-get install squiermail
  4. Tunggu hingga proses instalasinya selesai
  5. lalu edit file apache2.conf-nya dengan perintah nano /etc/squiermail/apache.conf
  6. pada baris terbawah tambahkan IncludeOptional "/etc/squiermail/apache.conf   lalu simpan konfigurasinya
  7. setelah itu restart apache2 nya dengan perintah service apache2 restart
  8. Selanjutnya kita linkan squiermail nya agsr bisa di buka di browser..dengan perintah  ln -s /usr/share/squiermail/ /var/www/html/mail
  9. Terakhir kita tinggal buka broweser kita..lalu ketikan mail.domain kalian
   
7.Hasil dan Kesimpulan
   Dengan menggunakan Squiermail ini client yang mengakses server kita bisa saling mengirim pesan satu sama lain

8.Referensi
    http://192.168.153.3/data/eBook%20TKJ/Buku%20Konfigurasi%20Debian%20Server_Ver_BLC-Telkom.pdf   

Sekian Dulu Informasi yang dapat saya bagikan..Semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian

Wassalamualaikum Wr.Wb 
 
     
    

0 Comments

Post a Comment