How to Backup VPS in PROXMOX

   How to Backup VPS di PROXMOX 
 


Assalamualaikum Wr.Wb

Okehh kali ini saya akan membagikan informasi tentang cara memBackup VPS di PROXMOX

1.Pengertian
   Dalam teknologi informasi, backup adalah proses membuat data cadangan dengan cara menyalin atau membuat arsip data komputer sehingga data tersebut dapat digunakan kembali apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

2.Latar Belakang
   Latar Belakang saya melakukan backup ini adalah ketika sewaktu waktu terjadi error pada vps..kita tidak perlu khawatir karena kita sudah mempunyai backup'an dari vps tersebut

3.Maksud dan Tujuan
   Maksud dan tujuan saya melakukan backup ini adalah supaya jika nanti terjadi sesuatu pada vps saya..saya sudah mempunyai backup'pan-nya

4.Alat dan Bahan yang dibutuhkan
  • 1 Buah server yang telah terinstall PROXMOX 
  • Masih Free Space dalam hardisk di PROXMOX untuk menyimpan file Backupan-nya
5.Jangka Waktu Pelaksanaan
   Kurang Lebih 30 Menit...tergantung spesifikasi server..dan Besar kecilnya data yang ada pada vps tersebut
  
6.Tahap Pengerjaan
  1. Pertama kita harus buka dulu PROXMOX kita
  2.  Lalu pastikan vps yang mau kita backup sudah dalam keadaan tidak menyala
  3. setelah itu kita buka menu pada vps kita...lalu cari menu backup
  4. Selanjutnya Klik Backup Now..Maka akan muncul pilihan..pada storage pilih local, lalu modenya kita pilih snapshot saja,pada compresion kita pilih gzip (good)...lalu klik backup
  5. Proses Backup'pun akan berjalan...tunggu hingga prosesnya selesai
  6. Jika Prosesnya sudah selesai kita bisa melihat hasill backupan-nya di Storage local lalu di content 
7.Hasil dan Kesimpulan
   Dengan melakukan backup ini kita tidak perlu khawtir jika sewaktu waktu vps kita error atau ke hapus..karena kita sudah mempunyai backupan-nya
8.Referensi
Sekian Informasi yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian :)
Wassalamualaikum Wr.Wb
   

   
   

0 Comments

Post a Comment